UJI EFEKTIVITAS LARVASIDA EKSTRAK DAUN BINAHONG (ANREDERA CORDIFOLIA) PADA KEMATIAN LARVA AEDES AEGYPTI

Penulis

  • Desi Eka Putri akademi farmasi persada sukabumi Penulis
  • Eneng Rahmatilah akademi farmasi persada sukabumi Penulis

Kata Kunci:

Efektivitas larvasida, Daun Binahong (Anredera Cordifolia), kematian larva Aedes Agypti

Abstrak

Berdasarkan data kasus penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kabupaten Sukabumi mencatat ada 101 warga yang terjangkit Demam Berdarah Dengue (DBD) sejak Bulan Januari hingga Maret 2023.Untuk mengetahui Efektivitas Larvasida Ekstrak Daun Binahong (Anredera Cordifolia) Pada Kematian Larva Aedes Aegypti.

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen sesungguhnya (True Eksperiment), penelitian ini tergolong penelitian verifikatif yang bertujuan untuk menguji kebenaran hasil penelitian eksperimen sebelumnya dengan maksud untuk menget6ahui Efektivitas Larvasida Ekstrak Daun Binahong (Anredera Cordifolia) Pada Kematian Larva Aedes Aegypti. Teknik pengambilan sampel yaitu total sampling 210 ekor larva.

Berdasarkan hasil penelitian efektivitas ekstrak Daun Binahong (Anredera Cordifolia) kontak dengan larva Aedes Aegypti selama 20 sampai 60 menit dengan konsentrasi 60% jumlah kematian sebanyak 19 ekor, 70% jumlah kematian 31 sebanyak 31 ekor, dan 80% jumlah kematian sebanyak 56 ekor.

Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa ekstrak daun binahong pada konsentrasi 60%, 70% dan 80% mampu membunuh larva Aedes Aegypti. Sehingga diharapkan masyarakat dapat mengaplikasikan ekstrak daun binahong untuk pengendalian larva Aedes Aegypti.

Unduhan

Diterbitkan

2024-09-11