UJI EFEKTIVITAS EKSTRAK BIJI BUAH PEPAYA (Carica Papaya L) TERHADAP KEMATIAN LARVA Culex sp

Penulis

  • Novita Sari akademi farmasi persada sukabumi Penulis
  • Robby Fikal Khofi akademi farmasi persada sukabumi Penulis

Kata Kunci:

Efektivitas Biji Buah Pepaya, Biji Buah Pepaya (Catica Papaya L), kematian larva Culex Sp

Abstrak

Berdasarkan data kasus penyakit Kaki Gajah (FILARIASIS) di Kabupaten Sukabumi mencatat ada 107 warga yang terjangkit Kaki gajah (FILARIASIS) sejak Tahun 2002-2018.

Untuk mengetahui uji efektivitas biji buah pepaya (carica papaya l) terhadap kematian larva culex sp.

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen sesungguhnya (True Eksperiment), penelitian ini tergolong penelitian verifikatif yang bertujuan untuk menguji kebenaran hasil penelitian eksperimen sebelumnya dengan maksud untuk mengetahui Efektivitas Ekstrak Biji Buah Pepaya (Carica Papaya L) Terhadap Kematian Larva Culex Sp. Teknik pengambilan sampel yaitu total sampling 210 ekor larva.

Berdasarkan hasil penelitian efektivitas biji buah pepaya (Carica Papaya L) kontak dengan Larva Culex Sp selam 20 sampai 60 menit dengan konsentrasi 30% sebanyak 23 ekor,50% jumlah kematian 32 ekor, dan 70% jumlah kematian sebanyak 58 ekor.

Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa ekstrak biji pepaya pada konsentrasi 30%, 50% dan 70% mampu membunuh larva culex sp. Sehingga diharapkan masyarakat dapat mengaplikasikan ekstrak biji pepaya untuk pengendalian larva culex sp.

 

Unduhan

Diterbitkan

2024-09-11