UJI EFEKTIVITAS EKSTRAK DAUN SUKUN (Artocapus Altilis) TERHADAP KEMATIAN LALAT RUMAH (Musca domestica)

Penulis

  • Aryl Alfath Muhamad Iqbal akademi farmasi persada sukabumi Penulis
  • Nursaefa Firdaus akademi farmasi persada sukabumi Penulis

Kata Kunci:

Efektivitas Biji Buah Pepaya, Biji Buah Pepaya (Catica Papaya L), kematian larva Culex Sp

Abstrak

Lalat rumah (Musca domestica) merupakan salah satu vektor pembawa penyakit. Pengendalian merupakan cara untuk menekan populasi lalat rumah. Salah satu cara pengendalian vektor dengan menggunakan insektisida nabati. Ekstrak daun sukun salah satu insektisida nabati yang memiliki kandungan seperti saponin, polifenol, tannin, asam hidrosianat, asetilkolin, riboflavin dan flavonoid. Senyawa tersebut dapat menimbulkan kelemahan pada saraf serta kerusakan pada alat pernapasan. 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas ekstrak daun sukun (Artocapus altilis) dengan konsentrasi 40%, 50% dan 60% terhadap kematian lalat rumah (Musca domestica) di peternakan ayam Bapak Gagan di Kabupaten Sukabumi 2021. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen murni (True Experiment), penelitian tergolong verifikatif yaitu menguji kebenaran hasil penelitian eksperimen sebelumnya. Obyek penelitian menggunakan 315 ekor lalat rumah, lalat tersebut disemprot menggunakan ekstrak daun sukun pada konsentrasi yang telah ditetapkan.

Berdasarkan hasil penelitian efektivitas ekstrak daun sukun (Artocapus altilis) kontak dengan lalat selama 1 jam dengan 6 kali pengulangan, konsentrasi 40% jumlah rata-rata kematian lalat 3 ekor, 50% jumlah rata-rata kematian lalat 4 ekor, 60% jumlah rata-rata kematian lalat 6 ekor dari 15 ekor lalat rumah (Musca domestica) perkontainernya. Hasil dari Uji ANOVA nilai signifikan yaitu 0,001 dimana signifikan < 0,05 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak yang menunjukan ada pengaruh efektivitas ekstrak daun sukun (Artocapus altilis) terhadap kematian lalat rumah (Musca domestica).

Unduhan

Diterbitkan

2024-09-11