UJI EFEKTIVITAS EKSTRAK LIDAH BUAYA (Aloe barbadensis Milleer) TERHADAP KEMATIAN LALAT RUMAH (Musca domestica)

Penulis

  • Ela Amelia akademi farmasi persada sukabumi Penulis
  • Yani Mariyani akademi farmasi persada sukabumi Penulis

Kata Kunci:

lidah buaya (Aloe barbadensis Milleer),, kematian lalat

Abstrak

Lalat merupakan vektor foodborne diseases salah satu diantaranya adalah diare, jumlah penderita diare dikota Sukabumi pada tahun 2016 sebesar 148,21% kasus dan merupakan kasus kedua terbesar berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat. Setelah dilakukan survei kepadatan lalat di rumah makan Padang Mak Utiah Kota Sukabumi didapatkan hasil sebesar 2,8 ekor lalat.

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas ekstrak lidah buaya (Aloe barbadensis Milleer) terhadap kematian lalat rumah (Musca domestica) di rumah makan Padang Mak Utiah Kota Sukabumi.

Rancangan penelitian yang digunakan penelitian ini adalah true experimental design dan merupakan penelitian verifikatif. Populasi dan sampel pada penelitian ini ± 100 – 200 ekor lalat. Dengan melakukan 3 perlakuan dengan 6 kali pengulangan. Dan analisa yang digunakan adalah analisa univariat dan bivariat dengan menggunakan spss.

Berdasarkan hasil analisa univariat uji efektivitas ekstrak lidah buaya (Aloe barbadensis Milleer) terhadap kematian lalat rumah (Musca domestica) dengan konsentrasi 40% dengan jumlah rata-rata kematian lalat 2 ekor dari 7 ekor lalat perkontainer, konsentrasi 50% dengan jumlah rata-rata kematian lalat 3 ekor dari 7 ekor lalat perkontainer dan konsentrasi 60% dengan jumlah rata-rata kematian lalat 4 ekor dari 7 ekor lalat perkontainer setelah kontak selama 1 jam.

Berdasarkan hasil analisa bivariat one way anova diperoleh Sig 0,001 < 0,05, maka H0 ditolak berarti menunjukkan ada efektivitas ekstrak lidah buaya (Aloe barbadensis Milleer) terhadap kematian lalat rumah (Musca domestica).

Diharapkan setelah penelitian ini pemilik rumah makan padang atau rumah makan pada umumnya di kota sukabumi dapat menggunakan ekstrak lidah buaya untuk mengendalikan kepadatan lalat.

Unduhan

Diterbitkan

2024-09-11