UJI EFEKTIVITAS EKSTRAK BUAH LEUNCA(Solanum Nigrum L) TERHADAP KEMATIANLALAT RUMAH (Musca Domestica

Penulis

  • Apriyani Pramudiyawati Yunar akademi farmasi persada sukabumi Penulis
  • Evi Lutfiah akademi farmasi persada sukabumi Penulis

Kata Kunci:

Efektivitas ekstrak buah leunca terhadap kematian lalat rumah

Abstrak

Kasus di Indonesia penderita diare semua umur yang ditangani institusi kesehatan di Indonesia pada tahun 2018 sebanyak 4.165.789 orang. Sedangkan kasus di Kabupaten Subabumi penderita penyakit diare yaitu pada bulan januari-desember 2018 dengan 45.817 kasus. Berdasarkan hasil pengukuran lalat yang dilakukan di perternakan ayam PT. Janu Putro yang berlokasi di Desa Caringin Kecamatan Gegerbitung Kabupaten Sukabumi. Dengan survey kepadatan lalat 15,6 ekor lalat termasuk penilaian sangat padat (<2 Padat).

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas konsentrasi ekstrak buah leunca (Solanum nigrum L) Terhadap Kematian Lalat Rumah (Musca domestica) di Peternakan Ayam PT. Janu Putro Desa Caringin Kecamatan Gegerbitung Kabupaten Sukabumi 2019. Penelitian ini merupaka penelitian eksperimen sesungguhnya (True Experiment), penelitian tergolong verifikatif yaitu menguji kebenaran hasil penelitian eksperimen sebelumnya. Teknik pengambilan sampel yaitu total sampling 300 ekor lalat.

Berdasarkan hasil penelitian efektivitas ekstrak buah leunca (Solanum nigrum L) kontak dengan lalat selama 1 jam dengan konsentrasi 40% jumlah rata-rata kematian lalat 3 ekor, 50% jumlah rata-rata kematian lalat 6 ekor. 60% jumlah rata-rata kematian lalat 8 ekor, dari 15 ekor lalat rumah (Musca domestica) perkontainernya.

Hasil dari Uji ANOVA diproleh P value = 0,000 berarti < 0,05, maka H(0) ditolak yang menunjukan adanya pengaruh signifikan konsentrasi ekstrak buah leunca (Solanum nigrum L) terhadap kematian lalat rumah (Musca domestica).

Unduhan

Diterbitkan

2024-09-11